Ketua KPU Papua Barat Daya: Kami Akan Ikut Aturan yang Berlaku Dalam Rapat Pleno Tingkat Provinsi

Sempat tertunda satu hari dari yang dijadwalkan yakni tanggal 6 Maret 2024, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Provinsi Papua Barat Daya pada Pemilu Serentak Tahun 2024 akhirnya dilaksanakan, bertempat di Hotel Vega Sorong, Kamis (7/3/2024).

Ketua KPU Provinsi Papua Barat Daya Andarias Daniel Kambu mengatakan, tahapan Pemilu 2024 sudah kita mulai sejak bulan Juni 2022. Dimana berbagai tahapan yang sangat panjang telah dilalui bersama dan saat ini telah sampai pada tahapan rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dimulai sejak 15 Februari dan akan berakhir pada 20 Maret 2024 sesuai dengan tingkatannya.

“Hari ini kita berkumpul bersama dalam rangka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat provinsi papua barat daya. Pada forum ini kita akan menentukan siapa pemimpin selanjutnya, yang akan membawa kemajuan pada Provinsi Papua Barat Daya,” ungkap Ketua KPU Provinsi PBD.

Dengan adanya harapan tersebut, sambung Andarias, tentu KPU Provinsi Papua Barat Daya beserta jajarannya harus memegang teguh semangat integritas, profesionalisme dan semangat keadilan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat dalam demokrasi elektoral yang sedang berkembang ini.

“Dengan adanya kepercayaan baik dari pemerintah, KPU Pusat, peserta pemilu, pemilih dan seluruh stakeholder terkait serta dengan kepedulian dari pemerintah provinsi papua barat daya, kami akan menjawab amanat dan harapan ini dengan mengikuti aturan perundang-undangan, arahan KPU secara nasional dan kinerja yang dapat dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Lanjut Ketua KPU PBD, dalam Kontestasi pemilu, tentu saja ada yang menang dan ada yang kalah.

Oleh karena itu, mewakili penyelenggara pemilu, dirinya mengharapkan kepada seluruh peserta pemilu dan pemilih untuk mengawal jalannya Rapat Pleno Terbuka ini dengan tertib dan aman.

“Segala permasalahan akan kita pecahkan sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga siapapun nanti yang kalah diharapkan memperoleh kepuasan atas hasil yang didapat. Namun saya juga berpesan kepada yang menang, bahwa kemenangan yang sesungguhnya adalah kesejahteraan masyarakat. Amanah yang berat ini harus dipegang erat sehingga akan tercipta kemakmuran, kedamaian dan kemuliaan di tanah Provinsi Papua Barat Daya,” pungkasnya.

Pantauan BalleoNews, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Provinsi Papua Barat Daya dimulai pukul 11.30 WIT.

Usai acara pembukaan, rapat pleno selanjutnya di skors dan akan dilanjutkan kembali pukul 14.00 WIT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *