Berita  

Satgas Petik Bintang Kembali Pulangkan Pengungsi ke Kampung Ayata, Distrik Aifat Timur, Kabupaten Maybrat

Satgas Petik Bintang kembali memulangkan 15 kepala keluarga yang selama ini mengungsi, kembali ke Kampung Ayata, Distrik Aifat Timur, Kabupaten Maybrat, Senin (24/4/2023)

Satgas Petik Bintang kembali memulangkan 15 kepala keluarga yang selama ini mengungsi, kembali ke Kampung Ayata, Distrik Aifat Timur, Kabupaten Maybrat, Senin (24/4/2023).

Pemulangan dan pengawalan pengungsi yang berjumlah 55 orang dan terdiri dari 15 kepala keluarga (KK) kembali ke Kampung Ayata, Distrik Aifat Timur, Kabupaten Maybrat, dipimpin langsung oleh Kapolres Maybrat selaku Kasatgas Gakum AKBP Glenn Rooi Molle, SIK.

Kapolres Maybrat selaku Kasatgas Gakum AKBP Glenn Rooi Molle, SIK memberikan apresiasi kepada masyarakat karena mau kembali pulang ke kampung halamannya setelah rentang waktu 1 tahun 8 bulan.

“Bagi warga yang kembali yaitu kampung halamannya, tetap akan mendapat pengawasan dan dijamin keamanannya oleh pihak keamanan. Kami merasa bangga dan bahagia, masyarakat bisa kembali ke kampung halaman setelah 1 tahun 8 bulan,” ungkapnya.

Kapolres berharap, dengan kembalinya sejumlah warga untuk kali kedua ini dapat menjadi pendorong warga lain ikut pulang ke kampung halaman.

“Kami melibatkan masyarakat bisa kembali dan mengajak masyarakat lain yang belum kembali, agar termotivasi untuk kembali ke kampungnya. Kembali berkebun dan beraktivitas sehari-hari guna memenuhi kebutuhannya sendiri,” tutur Molle.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Kabupaten Maybrat Zakheus Momao yang juga merupakan Tokoh Masyarakat Aifat Timur Raya mengungkapkan, terima kasih kepada Satgas Petik Bintang dimana dengan keberadaannya selama sebulan terakhir dapat membuat masyarakat mau kembali ke rumah masing-masing.

“Saya ucapkan terima kasih, dengan adanya Satgas dalam jangka waktu beberapa hari kedepan mungkin akan ada warga yang kembali ke rumah mereka. Pemda bertanggung jawab dan percaya bahwa masyarakat tidak terlibat dalam hal apapun, sehingga harus mendapat rasa aman kembali,” imbuhnya.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat yang akan kembali ke rumah masing-masing, agar tetap tinggal berkelompok untuk memudahkan pengawasan dan keamanan.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk melihat rumah yang ada dan berkelompok dulu, untuk sementara waktu. Sehingga dapat memudahkan pengawasan dari pihak keamanan,” imbau Kepala Dinas Perumahan.

Kemudian Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Adam Erwindi menyesuaikan, anggota Operasi Satgas Petik Bintang Polda Papua Barat sedang melaksanakan kegiatan pemulangan pengungsi yang ke-2 sementara di Kampung Ayata, Distrik Aifat Timur, Kabupaten Maybrat, dengan keadaan aman, baik dan selamat.

Writer: IriantiEditor: Irianti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *