47 Pelaku Kejahatan di Kota Sorong Berhasil Ditangkap dalam Operasi Mansinam 2023

Polresta Sorong Kota berhasil menangkap 47 pelaku kejahatan yang beroperasi di wilayah Kota Sorong, Papua Barat Daya

Polresta Sorong Kota berhasil menangkap 47 pelaku kejahatan yang beroperasi di wilayah Kota Sorong, Papua Barat Daya.

Kapolresta Sorong Kota Kombes Pol Happy Perdana Yudianto mengatakan, 47 pelaku kejahatan ini ditangkap selama pelaksanaan operasi pekat mansinam 2023 yang dilaksanakan mulai tanggal 5 sampai 24 Maret 2023.

Polresta Sorong Kota berhasil menangkap 47 pelaku kejahatan yang beroperasi di wilayah Kota Sorong, Papua Barat Daya, foto: Yanti/BalleoNEWS

“Untuk hasil rekap operasi pekat mansinam 2023 yang dilaksanakan selama 20 hari sejak tanggal 5 sampai 24 Maret, target operasi 12 kasus kemudian non target operasi ada 27 kasus. Dari operasi ini kita menangkap sejumlah 47 tersangka,” ungkapnya saat memberikan keterangan pers, Kamis (30/3).

Dibeberkan Kapolresta, 47 tersangka tersebut terdiri dari 11 tersangka miras dan 36 tersangka tindak pidana. Dari 36 tersangka tindak pidana, terdiri dari 10 tersangka kasus prostitusi dan 26 tersangka pidana umum.

“Untuk miras dua belas kasus, narkoba tiga kasus, curanmor delapan kasus, prostitusi satu kasus, pencurian lima kasus. Kemudian penandahan tiga kasus, narkoba tiga kasus, pengeroyokan tiga kasus, premanisme dua kasus, curas dua kasus dan penganiayaan satu kasus,” rincinya.

Kemudian terkait penanganan dan tidak lanjut, sambung Happy, dari 26 tersangka pidana umum ini seluruhnya diproses sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

 

Sementara 11 tersangka miras, katanya, ditindaklanjuti dengan diberikan pembinaan dan penegakan hukum berupa penyitaan terhadap barang bukti temuan.

“Selanjutnya untuk 10 tersangka prostitusi yang adalah merupakan pasangan muda-mudi yang pada saat kedapatan berduaan di penginapan atau hotel tanpa dokumen yang sah sebagai pasangan suami istri, diberikan pembinaan oleh unit TPA,” bebernya.

Dibeberkan Kapolresta, dari persentase pengungkapan kasus terkait operasi pekat mansinam 2023, total pengungkapan 39 kasus yang terdiri dari target operasi 12 kasus dan non target operasi 23 kasus. Sehingga jumlah presentasi pengungkapan kasusnya adalah 325 persen atau lebih dari 100 persen.

Barang bukti sajam yang berhasil diamankan dari tangan pelaku kejahatan, foto: Yanti/BalleoNEWS

“Barang bukti dari hasil kejahatan yang diamankan dalam kegiatan operasi mansinam yakni handphone 7 unit, sepeda motor 30 unit, ganja 683 gram, sabu 1 gram. Kemudian miras 302 liter CT, 15 liter sopi dan 92 botol biru. Kemudian terkait uang kejahatan lima juta dua ratus lima ribu rupiah. Selain itu, ada juga dua buah parang, satu sangkur dan kayu yang diamankan,” pungkasnya.

Writer: IriantiEditor: Irianti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *