Berita  

HKG ke-52, Pj Ketua TP-PKK PBD Tekankan PKK Harus Jadi Pelopor dan Pembaharu yang Inspiratif

Penjabat Ketua TP-PKK Provinsi Papua Barat Daya Andar Aryani Musa’ad mengatakan, PKK sebagai mitra kerja Pemerintah haruslah menjadi pelopor dan pembaharu, yang inspiratif dalam pemberdayaan keluarga.

“Seluruh anggota PKK harus terus mengabdikan diri dan bergerak bersama dalam berbagai program pembangunan,” ungkap Penjabat Ketua TP-PKK Provinsi Papua Barat Daya dalam acara puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK, yang berlangsung di Aula Kantor Gubernur PBD, Senin (6/5/2024).

Dikatakan Andar, tema HKG PKK tahun ini yaitu ‘Bergerak Bersama PKK, Wujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju’. Ini merupakan seruan untuk semua anggota PKK, agar bersatu padu dalam membangun keluarga yang sejahtera.

PKK, sambungnya, memiliki peran strategis dalam mendukung pencapaian program pemerintah. Diantaranya percepatan penurunan stunting dan gerakan tanam cabai nasional.

“PKK harus selalu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan memanfaatkan teknologi informasi, untuk meningkatkan efektivitas program. PKK harus kembali pada rohnya, yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk memperdayakan keluarga. Keluarga adalah fokus utama kita, karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat dan menjadi tempat pembelajaran pertama bagi generasi penerus bangsa,” imbuh Andar.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua Barat Daya yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial dan PPPA Provinsi Papua Barat Daya Beatrix Msiren mengapresiasi kiprah PKK selama 52 tahun, dalam membangun keluarga dan masyarakat.

“PKK harus terus bersinergi dengan berbagai pihak, untuk mewujudkan keluarga yang berdaya sehat dan sejahtera. Peringatan HKG PKK ini hendaknya menjadi momen untuk menunjukkan bahwa PKK dengan segala program kerja dan kegiatannya, memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat. Kita harus terus berbenah dan berinovasi untuk mencapai target yang diinginkan,” tegas Beatrix.

Melalui berbagai program dan kegiatannya, lanjut Beatrix, PKK diharapkan dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat. Dengan keluarga yang sejahtera, bangsa Indonesia akan menjadi lebih kuat dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *