Berita  

Launching Tahapan Pilkada, Idham Holik: Penyelenggara Pemilu Wajib Tingkatkan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih

Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Provinsi Papua Barat Daya resmi di launching oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (3/5/2024).

Lounching tahapan pilkada di Provinsi Papua Barat Daya yang ditandai penabuhan tifa, dihadiri langsung Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI Idham Holik, unsur Forkopimda PBD, Ketua Bawaslu PBD serta jajaran KPU dan Bawaslu Kabupaten/ Kota se-Papua Barat Daya.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI Idham Holik mengatakan, ini merupakan Pilkada pertama di Provinsi Papua Barat Daya.

“Ini adalah tindak lanjut dari amanah Undang-undang Pilkada dan tindak lanjut dari Undang-undang nomor 29 tahun 2022 tentang pembentukan Provinsi Papua Barat Daya,” ungkapnya.

Idham mengatakan, kesadaran pemilih di Provinsi Papua Barat Daya pada pemilihan legislatif tanggal 14 Februari 2024 lalu patut diapresiasi dan menjadi modal sosial. Mengingat masyarakat Papua Barat Daya memiliki kerukunan antara satu sama lain yang sangat harmonis, akan mewujudkan pilkada yang aman dan damai.

“Saya yakin proses tahapan pilkada serentak di papua barat daya akan berjalan lancar, baik dan penuh partisipasi. Dari hasil evaluasi pemilu lalu, tentunya kami telah arahkan kepada teman-teman KPU Provinsi PBD beserta kabupaten/kota untuk memastikan bahwa tahapan ini dijalankan sesuai dengan aturan yang berjalan,” ujarnya.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI berharap, daftar pemilih harus lebih akurat pada Pilkada mendatang. Hal ini dikarenakan DPT adalah pintu masuk untuk mewujudkan pesta demokrasi yang sukses dan partisipatif.

“Penyelenggara pemilu baik tingkat provinsi, kabupaten dan kota wajib meningkatkan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih,” tegas Idham.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Papua Barat Daya Andarias Daniel Kambu mengatakan, tahapan pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Walikota sudah mulai dilaksanakan dengan di lounchingnya “Si Timo” sebagai maskot Pemilihan kepala daerah (Pilkada).

“KPU Papua Barat Daya mulai mengevaluasi dan akan meningkatkan sosialisasi melalui jajaran penyelenggara kepada masyarakat. Kita (KPU PBD) sedang mempersiapkan diri untuk melaksanakan tahapan pendaftaran calon perseorangan, yaitu menerima syarat dukungan kandidat bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang dimulai tanggal 8 sampai 12 Mei 2024,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *