Berita  

250 Pesilat Bersaing Rebut Piala Bergilir Danlantamal XIV Cup 2024

Sebanyak 250 pesilat yang berasal dari berbagai daerah bersaing memperebutkan piala bergilir Danlantamal XIV Cup 2024, dalam Open Tournament Kejuaraan Pencak Silat Danlantamal XIV Cup 2024.

Pantauan BalleoNews, Open Tournament Kejuaraan Pencak Silat Danlantamal XIV Cup 2024 yang berlangsung di Mako Lantamal XIV Sorong, dibuka secara resmi oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) XIV Sorong Laksamana Pertama TNI Deny Prasetyo yang ditandai dengan pemukulan gong, Kamis (2/5/2024).

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Sorong Syafruddin Sabonama mengatakan, sangat menyambut baik penyelenggaraan Open Tournament Kejuaraan Pencak Silat Danlantamal XIV Cup 2024.

“Saya sangat berterima kasih kepada Danlantamal XIV yang telah menginisiasi dilaksanakannya kegiatan ini, sebagai upaya melestarikan budaya pencak silat di Papua Barat Daya,” bebernya.

Dirincikan Sabonama, Open Tournament Kejuaraan Pencak Silat Danlantamal XIV Cup 2024 diikuti 250 pesilat dari berbagai perguruan di Papua Barat Daya, Manokwari, Biak, Ambon dan Ternate.

“Mereka bersaing memperebutkan piala bergilir Danlantamal Cup 2024 dalam kategori pria dan wanita, baik untuk kompetisi maupun seni,” imbuhnya.

Pencak silat, kata Ketua IPSI Kota Sorong, adalah warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan. Oleh karena itu, kejuaraan ini menjadi bukti komitmen bersama untuk menjaga dan mengembangkan pencak silat di Papua Barat Daya khususnya.

Ketua IPSI Kota Sorong berharap, kejuaraan Pencak Silat Danlantamal XIV Cup 2024 dapat melahirkan atlet-atlet pencak silat yang berprestasi dan mengharumkan nama Papua Barat Daya di kancah nasional maupun internasional.

Sementara itu, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) XIV Sorong Laksamana Pertama TNI Deny Prasetyo menyatakan, kejuaraan ini merupakan wujud komitmen Lantamal XIV dalam melestarikan budaya pencak silat dan membangun generasi muda papua barat daya yang berkarakter.

Menurut Deny, kejuaraan pencak silat merupakan sarana pembinaan untuk meningkatkan prestasi atlet pencak silat khususnya di Provinsi Papua Barat Daya.

“Kejuaraan ini juga diharapkan dapat mempererat persaudaraan antar perguruan pencak silat dan mengarahkan generasi muda ke kegiatan yang positif,” ungkap Danlantamal XIV dalam Upacara Pembukaan Open Tournament Kejuaraan Pencak Silat Danlantamal XIV Cup 2024, yang berlangsung di Lapangan Mako Lantamal XIV Sorong.

Dengan digelarnya Open Tournament Pencak Silat, Danlantamal berharap seluruh karateka dapat memanfaatkan ajang ini untuk menjalin persahabatan, membangun jaringan dan memupuk solidaritas serta soliditas.

“Diharapkan ajang ini dapat melahirkan talenta-talenta baru dari bumi cendrawasih dan dapat membangun prestasi yang dapat mengharumkan nama baik bangsa Indonesia, baik ditingkat nasional maupun internasional,” tegas Deny.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *