Berita  

Septinus Lobat Dapat Dukungan Sebagai Calon Walikota Sorong dari LMA Yapen Waropen se-Sorong Raya

Lembaga Masyarakat Adat Yapen Waropen (LMA YAWA) se-Sorong Raya memberikan dukungan penuh kepada Septinus Lobat, sebagai calon walikota sorong periode 2024-2029.

Wakil Ketua Harian LMA YAWA se-Sorong Raya Stefanus Koridama mengatakan, Septinus Lobat merupakan salah satu anak Moi yang paling terbaik.

“Kami keluarga besar yapen waropen menyatakan bahwa kami siap untuk mendukung bapak septinus lobat dengan segala kemampuan kami yang ada. Beliau adalah salah satu anak moi yang paling terbaik menurut pandangan kami,” tegas Wakil Ketua Harian LMA YAWA se-Sorong Raya Stefanus Koridama, usai menggelar pertemuan bersama Pengurus Lembaga Masyarakat Adat Yapen Waropen (LMA YAWA) se-Sorong Raya, Selasa (16/4/2024).

Menurut Stefanus, masyarakat Yapen Waropen sudah hidup di Tanah Moi puluhan tahun.

“Karena kami sudah puluhan tahun hidup di tanah moi, maka kami sudah punya komitmen bahwa kami harus bayar adat kami kepada orang moi. Beliau (Septinus Lobat) lah yang kami usung maju sebagai calon walikota,” tegasnya.

Dengan memberikan dukungan sebagai calon walikota sorong, kata Stefanus, maka pihaknya berharap Septinus Lobat harus membangun ekonomi orang Papua berdasarkan kearifan lokal.

“Kalau kita paksakan orang papua untuk buka kios atau toko di sorong tidak bisa, coba lihat di sorong mana ada orang papua buka kios. Yang dimaksudkan ekonomi berdasarkan kearifan lokal, yaitu misalnya buka lahan untuk ditanami pinang. Supaya mama papua yang berjualan pinang tidak perlu cari pinang di tempat lain. Kemudian nelayan asli papua dibantu perahu agar mereka dapat mencari ikan dilaut,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *