Berita  

Keluarga Besar INAMONA se-Tanah Papua Gelar Lepas Sambut Tahun Baru dan Rapat Akbar

Keluarga besar Ijie, Naa, Mosso, Nakoh (INAMONA) se-Tanah Papua menggelar acara Lepas Sambut Tahun Baru 2024 dan Rapat Akbar yang berlangsung di Gedung JA Jumame, Jumat (12/1/2024).

Ketua Umum Keluarga Besar Ijie, Naa, Mosso, Nakoh (INAMONA) Amus Yanto Ijie mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Dewan Pengurus Pusat Keluarga Besar INAMONA.

“Tujuan utama dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mempersatukan keluarga kita. Selain itu, momentum ini juga kita diawal tahun bersilaturahmi dengan keluarga besar,” ungkapnya kepada awak media.

Dijelaskan Yanto, INAMONA terdiri dari empat marga induk yaitu Ijie, Naa, Mosso dan Nakoh. Selain itu, dibawahnya juga ada marga Israwek, Tahrim, Smohon dan Nafa.

“Sekalipun dalam perkembangan teknologi, globalisasi dan modernisasi yang juga berkembang begitu cepat, tetapi kami dalam berkeluarga tentunya harus tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan diantara keluarga,” ujarnya.

Menurut Ketum INAMONA, perkembangan zaman boleh terjadi dan itu harus diterima. Tetapi persaudaraan, persahabatan dan kekeluargaan itu harus dijaga dengan baik.

“Dalam kegiatan ini kami menghadirkan keluarga besar yang ada di seluruh tanah Papua. Jadi sebenarnya rapat akbar ini bukan sesuatu yang luar biasa, tapi sesuatu yang biasa-biasa saja. Karena ini hanya kumpul keluarga,” tegasnya.

Dijelaskan Yanto, INAMONA merupakan organisasi berbasis massa yang dihimpun dari empat marga.

“Kami ini semua berasal dari satu moyang dan kami semua berasal dari Maybrat. Kita akan membangun konsolidasi dan solidaritas dengan menghimpun keluarga,” bebernya.

Yanto Ijie membeberkan, selama ini pihaknya sudah berkeinginan untuk menghimpun keluarga besar menjadi satu.

“Bersyukur berkat prakarsa dari almarhum kakak kita Jimmy Demianus Ijie, yang mencetuskan nama INAMONA ini. Hadirnya INAMONA merupakan bagian daripada kita membangun satu kekuatan keluarga dalam persatuan dan kebersamaan. Jadi persatuan kita ini dalam aspek sosial budaya untuk bagaimana menyatukan keluarga kita,” tandasnya.

Mewakili Keluarga Besar INAMONA Abner R Jitmau menyatakan, dirinya siap mendukung kegiatan apa saja yang dilakukan INAMONA.

“Sekali-sekali harus buat seminar, misalnya seminar kebangsaan. Karena organisasi ini sudah berbadan hukum,” harapnya.

Kemudian salah satu putra terbaik Maybrat Bernard Sagrim mengajak seluruh kekuarga besar INAMONA untuk selalu bersatu.

“Situasi sekarang penuh dengan persaingan, makanya kita harus bersatu. Bersatu supaya kita kuat dan kuat bukan harus saling menjatuhkan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *