Berita  

KPU Kota Sorong Sortir Alat Kelengkapan untuk Pemilih Tunanetra

Guna memastikan tepat jumlah dan tepat jenis, anggota KPU Kota Sorong melakukan penyortiran alat kelengkapan untuk pemilih tunanetra, bertempat di gudang logistik KPU Kota Sorong, Rabu (10/1/2024).

Ketua KPU Kota Sorong Balthasar Berth Kambuaya mengatakan, alat kelengkapan untuk pemilih yang tunanetra nantinya akan di distribusikan ke 730 TPS yang ada di Kota Sorong. Namun sebelum di distribusikan, pihaknya wajib melakukan penyortiran terlebih dahulu.

“Pendistribusian akan segera kami lakukan, tetapi sebelumnya kami melakukan penyortiran untuk memastikan tepat jumlah dan tepat jenis,” ungkapnya kepada Balleonews.com, Rabu (10/1/2024).

Dibeberkan Balthasar, yang disortir kali ini yaitu alat kelengkapan tunanetra untuk pemilihan Presiden-Wakil Presiden dan juga DPD RI.

“Secara kebutuhan kami hitung untuk memastikan terpenuhinya seluruh TPS yang ada yaitu 730 TPS. Tapi secara perhitungan tadi saat sortir, untuk DPD RI kami kekurangan dua lembar dan untuk presiden-wakil presiden ada kelebihan dua lembar,” bebernya.

Menurutnya, untuk alat kelengkapan tunanetra yang kurang nanti akan dilaporkan secara berjenjang melalui SILOG KPU RI, agar dapat segera dilengkapi.

“Alat kelengkapan yang di sortir itu berupa panduan untuk pencoblosan. Panduan ini untuk mempermudah pemilih tunanetra dalam memilih atau mencoblos di TPS. Nanti satu TPS akan dapat satu panduan alat kelengkapan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *