Berita  

Awasi Jalur Lintas Kapal di Samudera Pasifik, TNI AL Dirikan Lanal Baru di Sarmi, Papua

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi meresmikan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sarmi, Papua, Rabu (21/6/2023)

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi meresmikan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sarmi, Papua, Rabu (21/6/2023).

Peresmian Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sarmi, Papua, dilakukan untuk peningkatan kekuatan dari satuan sebelumnya yang merupakan Pos Angkatan Laut (Posal).

Peresmian Lanal baru ini dilaksanakan bersamaan dengan pengukuhan Komandan Lanal Sarmi yaitu Mayor Laut (E) Michel Ansanay, yang dilaksanakan di lapangan Mako Lanal Sarmi, Kampung Ebram, Distrik Muara Tor, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua. Dimana pada upacara tersebut, ditandai dengan penembakan prasasti dan pembukaan selubung papan nama Mako Lanal Sarmi oleh Pangkoarmada III dan Pj Bupati Sarmi Markus O. Mansembra, SH yang didampingi Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, serta pengguntingan pita oleh Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny Insani R Jayadi.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mengatakan, posisi perairan dan wilayah laut Sarmi sangat strategis karena berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik.

‚ÄúPerairan dan wilayah laut Sarmi sering dijadikan jalur lintas kapal baik dari luar maupun lokal yang keluar masuk wilayah laut Sarmi. Selain itu, sering terdapat kegiatan ilegal seperti illegal logging, illegal fishing, pencurian hasil kekayaan laut dan sumber daya alam lainnya. Sehingga perlu pengawasan lebih ketat dari TNI Angkatan Laut, dalam rangka memperkuat pertahanan laut di wilayah Indonesia Timur,” tegas Pangkoarmada III.

Selain itu, kata Rachmad, wilayah Kabupaten Sarmi merupakan daerah yang potensial dilihat dari sektor perikanan maupun sumber daya kelelahannya, yang membuat tingkat kerawanan pencurian dan ancaman keamanan di laut cukup tinggi.

Hal ini yang mendorong pemerintah dan masyarakat setempat menginginkan adanya keberadaan TNI Angkatan Laut di wilayah Kabupaten Sarmi, sehingga peningkatan Posal menjadi Lanal menjadi sangat penting.

“Peningkatan posal menjadi lanal tertuang dalam Perkasal No 05 Tahun 2021 tanggal 19 Februari Tahun 2021 tentang perubahan posal sarmi menjadi Lanal Tipe D. Lanal Sarmi merupakan pangkalan yang berada di bawah kendali Lantamal X Jayapura,” pungkasnya.

Diakhir pelaksanaan peresmian Lanal Sarmi dimeriahkan atraksi dan demonstrasi para motor TNI-Polri dan pecinta olahraga dirgantara dan tidak kalah memukau adalah senapan kolone dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) X Jayapura, Pasmar 3 dan pasukan adat yang dibawakan Gabungan Prajurit Lantamal X serta pelaksanaan bakti sosial berupa penyerahan bahan kontak kepada masyarakat setempat oleh Pangkoarmada III.

Turut hadir pada acara peresmian Lanal Sarmi yaitu Forkopimda Kabupaten Sarmi, Asops, Asintel dan Aspotmar Pangkoarmada III, Pejabat Utama Danlantamal X, serta Ketua Daerah Jalasenastri Armada III, Ketua Korcab X DJA III dan Pengurus Korcab X DJA III.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *