Berita  

Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Berlakukan Skema 100 Persen Full QR untuk Solar Subsidi

Setelah melakukan Uji Coba Full Cycle Subsidi Tepat untuk Solar Subsidi, Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku terus berkomitmen untuk menjaga penyaluran BBM Bersubsidi sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan

Setelah melakukan Uji Coba Full Cycle Subsidi Tepat untuk Solar Subsidi, Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku terus berkomitmen untuk menjaga penyaluran BBM Bersubsidi sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan.

Salah satu upaya dalam mewujudkan penyaluran BBM Bersubsidi agar penyaluran dapat transparan dan tercatat dengan baik, kini dilanjutkan dengan mekanisme Full QR secara bertahap di 234 Kota/Kabupaten termasuk di wilayah Papua Maluku.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Regional Papua Maluku Edi Mangun mengatakan, Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku melakukan percepatan implementasi transaksi BBM Subsidi Tepat dengan skema full registrasi sebagai langkah awal pelaksanaan Skema Full QR, di Provinsi Papua Maluku mulai tanggal 25 Mei 2023.

“Dengan adanya skema Full QR ini bermanfaat bagi pengguna Solar Subsidi, terutama untuk keamanan kuota harian yang berhak dibeli penggunanya dan untuk menghindari oknum tidak bertanggung jawab yang menggunakan nomor polisi bukan miliknya,” ungkapnya.

Dibeberian Edi, pada system skema Full QR, pengguna Solar Subsidi hanya perlu memastikan membawa QR Code dan akan dilayani sesuai kuota harian yang telah ditetapkan dalam SK BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH MIGAS/KOM/2020 mengenai Pengendalian Penyaluran Jenis BBM Tertentu, sedangkan yang belum terdaftar tidak dapat dilayani.

Selanjutnya untuk Skema Full QR, sambungnya, konsumen wajib menunjukan scan QR Code ketika melakukan transaksi pembelian BBM bersubsidi . Dimana roda 4 penumpang maksimal 60 liter, roda 4 barang atau umum 80 liter dan roda 6 barang atau umum 200 liter.

“Ini merupakan sebuah upaya Pertamina untuk menyalurkan BBM Solar Subsidi dengan tepat sasaran, para pengguna BBM Bersubsidi harus terdaftar untuk dapat bertransaksi BBM Bersubsidi. Penerapan Subsidi Tepat ini akan dilanjutkan di seluruh SPBU Pertamina wilayah Regional Papua Maluku,” jelasnya.

Adapun wilayah yang sudah mulai diberlakukann pelaksanaan Skema Full QR di wilayah Regional Papua Maluku, rincinya, meliputi Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Merauke, Kabupaten Nabire, Kabupaten Mimika, Kota Sorong, Kabupaten Fak-fak, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Seramm Bagian Timur, Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Buru, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual.

Edi juga terus mengingatkan masyarakat, bahwa sampai saat ini pendaftaran Program Subsidi Tepat masih terus dilakukan. Diharapkan masyarakat segera melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat melalui website subsiditepat.mypertamina.id, aplikasi MyPertamina atau dapat datang langsung ke SPBU terdekat.

“Sistem sudah tersinkron dengan baik, sehingga tak butuh waktu lama untuk dapat melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat ini,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk informasi mengenai pendaftaran, masyarakat bisa mengunjungi langsung website subsiditepat.mypertamina.id dan seluruh informasi bisa diakses melalui website mypertamina.id, sosial media @mypertamina dan @ptpertaminapatraniaga, serta jika butuh bantuan dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.

Writer: IriantiEditor: Irianti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *