Berita  

Resmi Daftar di PDIP, Lambert Jitmau: Siapa yang Tanam Maka Dia yang Akan Panen Bukan Orang Lain

Mantan Walikota Sorong 2 periode Lamberthus Jitmau mendaftar ke DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua Barat Daya sebagai bakal calon gubernur papua barat daya, Senin (29/4/2024).

Pantauan BalleoNews, Lamberthus Jitmau yang didampingi tim dan relawan Lambert Jitmau-Samsudin Anggiluli langsung menyerahkan dokumen pendaftaran kepada Ketua tim penjaringan bakal calon kepala daerah PDI Perjuangan Provinsi Papua Barat Daya Freddy Marlisa.

Namun sebelum menyerahkan dokumen pendaftaran, Lambert Jitmau terlebih dahulu menceritakan tentang perjuangannya bersama Bupati Sorong Selatan Samsuddin Anggiluli dalam menghadirkan Provinsi Papua Barat Daya.

Dikatakan Lambert, Undang-undang Nomor 29 tahun 2022 tentang pemekaran Provinsi Papua Barat Daya hampir tidak disahkan dalam sidang paripurna DPR RI. Namun karena pendekatan dan tangan dingin dari Samsudin Anggiluli, Lambert Jitmau dan Bernard Sagrim yang bertemu para petinggi PDIP di Jakarta, maka Ketua DPR RI Puan Maharani akhirnya menyetujui dan dilaksanakan agenda kedewanan. Sehingga pada tanggal 9 Desember 2022 disahkan pemekaran Provinsi Papua Barat Daya.

“Provinsi Papua Barat Daya harus dipimpin orang Golkar dan PDIP yang jadi gubernur dan wakil gubernur papua barat daya. Inikan baru pertama kali jadi kami yang perjuangkan kami juga yang harus menikmati. Kita yang tanam berarti kita juga yang harus panen, bukan orang lain yang datang panen,” tegas Lambert usai menyerahkan berkas pendaftaran.

Ketua DPD Partai Golkar Papua Barat Daya ini sangat optimis, PDI Perjuangan bakal memberikan rekomendasi kepada dirinya dan juga Samsuddin Anggiluli.

“Saya mendaftar sudah langsung dengan pasangan bakal calon wakil gubernur yaitu Samsuddin Anggiluli. Beliau adalah kader dari PDI Perjuangan yang sudah membesarkan nama dan memenangkan PDI Perjuangan di Kabupaten Sorong Selatan. Jadi saya yakin rekomendasi akan diberikan kepada kami berdua,” tandasnya.

“Jujur saya katakan kalau PDIP kasih rekomendasi kepada orang lain silahkan, tapi Samsudin Anggiluli tetap bersama saya. Bagaimana-bagaimana nanti diatur belakangan,” imbuhnya.

Ditambahkan Lambert, dirinya telah mendaftar sebagai bakal calon gubernur di Partai Hanura, Partai Perindo dan PDI Perjuangan.

“Nanti lusa saya daftar di Gerindra,” pungkas Lambert Jitmau.

Sementara itu, Ketua tim penjaringan bakal calon kepala daerah PDI Perjuangan Provinsi Papua Barat Daya Freddy Marlisa menyatakan, Lambert-Samsudin merupakan kandidat kedua yang telah mengembalikan formulir sekaligus mendaftar sebagai bakal calon gubernur papua barat daya.

“Bapak Lambert-Samsudin merupakan kandidat pertama yang mendaftar langsung berpasangan di PDIP. Tapi kandidat bakal calon gubernur yang pertama kembalikan formulir pendaftaran adalah bapak Elisa Kambu,” beber Freddy.

“Iya, kami terima dokumen sudah dengan pasangan, apalagi yang bersangkutan (Samsudin Anggiluli) juga sudah mendapat surat tugas untuk melakukan koordinasi, konsolidasi, sosialisasi ke bawah,” pungkas Freddy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *